Esport-Asian-Cup

Sejarah dan Perkembangan Esport Asian Cup Terbaik

Kompetisi esport asian cup ini nantinya akan menjadi ajang paling dinantikan oleh para penggemar, simak informasinya di bawah ini agar paham!

Esport Asian Cup ini memang cukup terkenal di Indonesia, karena menjadi turnamen bergengsi paling bergengsi di Asia. Bahkan, juga berhasil mempertemukan banyak tim terbaik dari berbagai negara di benua.

Tujuannya tentu untuk bisa bersaing dan bertanding dalam permainan video game. Turnamen ini sebenarnya tidak hanya sekedar ajang kompetisi, melainkan menjadi juga menjadi salah satu simbol dari pertumbuhan pesat industri esport.

Sejarah dan Perkembangan Esport Asian Cup

Pertama kali, Esport Asian Cup ini diadakan hanya sebagai salah satu bentuk respons Masyarakat terhadap meningkatnya popularitas esport di Asia. Terutama, Masyarakat yang saat itu ada di negara seperti Tiongkok, Korea Selatan, serta Jepang.
Di mana beberapa negara ini telah lama menjadi pusat utama dalam dunia permainan video.

  1. Tujuan dari Turnamen

Tujuan dari Turnamen ini untuk bisa menciptakan kompetisi yang nantinya akan langsung menghubungkan seluruh negara di Asia.

Bahkan, diharapkan bisa melakukan promosi esport sebagai salah satu bentuk olahraga kompetitif. Sejak awal Esport Asian Cup ini didirikan dengan tujuan untuk bisa menampilkan berbagai macam genre game.

Bahkan, game yang saat ini menjadi favorit di kalangan komunitas esport, yaitu Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Misalnya saja seperti game Dota 2 dan League of Legends, serta First-Person Shooter (FPS).

Bahkan, turnamen ini dari tahun ke tahun semakin menunjukkan perkembangannya. Baik itu, dari segi jumlah peserta, bahkan sampai cakupan game yang akan dipertandingkan.

Sampai saat ini, turnamen tersebut telah diakui sebagai salah satu turnamen regional. Jadi tidak hanya tersedia di Asia, namun juga saat ini sudah ada di seluruh dunia.

  1. Format dan Struktur Turnamen

Biasanya, turnamen ini akan diadakan dalam beberapa tahapan penting. Hal tersebut biasanya akan dimulai dari babak kualifikasi regional sampai mencapai babak final.

Di mana nantinya akan mempertemukan tim-tim terbaik. Sementara itu, negara di Asia yang mengadakan turnamen kualifikasi lokal ini nantinya akan menentukan tim yang akan menjadi wakil negaranya.

Jika sudah berhasil melewati babak kualifikasi, tim yang sudah lolos nantinya akan langsung bersaing di babak grup. Berikutnya, akan langsung melaju ke babak eliminasi atau lebih dikenal dengan knockout.

Tujuannya tentu untuk memastikan bahwa setiap tim mempunyai kesempatan untuk bersaing. Selain itu, turnamen ini nantinya akan menampilkan kualitas permainan terbaik.

Namun di sisi lain, babak grup akan diselenggarakan dalam format round-robin. Di mana nantinya setiap tim akan langsung bertanding melawan semua tim lain dalam grup.

Kemudian, Tim dengan peringkat paling tinggi pada grup akan langsung maju ke babak eliminasi. Di mana tim tersebut akan langsung bertanding dalam format best-of-three sampai terpilihnya juara.

  1. Acara Lainnya

Selain mengikuti kompetisi utama, seringkali turnamen satu ini juga mengadakan acara-acara sampingan. Misalnya saja seperti pameran teknologi, serta diskusi panel tentang industri esport.

Bahkan, sampai saat ini juga sering melakukan pertunjukan hiburan yang melibatkan selebriti serta berbagai macam influencer terkenal dari dunia game.

Kesimpulan

Turnamen Esport Asian ini sebenarnya telah menjadi tonggak bagi para pemain Esport. Sebab, menjadi salah satu turnamen regional yang berpengaruh dan terbesar. Jadi turnamen satu ini tidak hanya menyediakan platform bagi para pemain dan tim.

Melainkan juga dapat menunjukkan keahliannya, bahkan mendorong berbagai macam pertumbuhan industri esport di Asia. Memiliki masa depan yang penuh potensi, Esport Asian Cup ini nantinya akan menjadi ajang paling dinantikan oleh para penggemar.

Back to top